Sains

Sejarah Hukum Pertama Newton

Newton mampu menjelaskan dari orbit Bulan hingga jatuhnya benda.

Sebelum Newton, Galileo Galilei telah menguraikan hukum inersia pertama, di mana ia menunjukkan bahwa suatu objek memiliki kecenderungan untuk mempertahankan gerak lurus dan seragamnya kecuali ada gaya yang bekerja padanya yang memaksanya untuk mengubah lintasannya.

Penemuannya menjadi dasar bagi Newton, yang, mengamati jalur di langit Bulan, menyimpulkan bahwa jika ia tidak melesat dalam garis lurus mengikuti garis singgung pada orbitnya, itu karena ada gaya lain yang bekerja padanya untuk mencegahnya. Gaya yang mencegahnya dalam kasus langit ini disebut gravitasi.

Newton berasumsi bahwa gaya gravitasi bekerja dari jarak jauh, karena tidak ada yang secara fisik menghubungkan Bumi ke Bulan. Demikian pula, ketika seorang pelempar bola Olimpiade memutar instrumen pada porosnya sendiri dan akhirnya melepaskannya secara tiba-tiba, ia bergerak ke beberapa arah dalam garis lurus, tetapi akhirnya menelusuri parabola dan jatuh ke tanah.

Dalam kedua kasus, gravitasi bekerja. Tetapi dalam kasus bola, lintasannya juga dipengaruhi oleh gesekan dengan udara di jalurnya, yang menurunkan kecepatannya. Penemuan Galileo memungkinkan Newton untuk mendalilkan keberadaan gaya gravitasi.

Newton menerbitkan ini dan diskuisisi lainnya, membentuk tubuh Hukum Pertama dan Kedua, dalam bukunya Philosophiae naturalis rincipia mathematica (1687), salah satu risalah terbesar tentang fisika sepanjang masa.